Kamis, 10 Oktober 2013

Kiwi, Si Buah Hijau Segar yang Bisa Atasi Masalah Pencernaan

Dok. Thinkstock
Ingin menjaga kesehatan pencernaan? Rajin-rajinlah makan kiwi. Selain kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, buah berwarna hijau ini juga baik bagi sistem pencernaan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Zespri, kandungan enzim di dalam kiwi yang bernama actinidin bisa membantu proses pemecahan protein yang sulit dicerna tubuh seperti daging merah, susu dan ikan.

"Meskipun buah kiwi memang dikenal sebagai obat alami untuk memperbaiki pencernaan, penelitian ini lebih fokus pada manfaatnya dalam memecah protein makanan yang umumnya sulit dicerna ketimbang nutrisi lain," ujar Nele Moorthamers, marketing manager Zespri di Eropa yang memimpin penelitian, seperti dikutip dari Female First.

Kiwi kaya akan actinidin, enzim yang mampu memecah protein lebih cepat dan efektif dibandingkan enzim pencernaan (jika bekerja sendiri). Hal ini menjadikan kiwi sebagai pilihan alami yang efektif mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit.

"Jadi setelah makan daging, Anda sebaiknya makan satu butir kiwi untuk membantu mengurangi kembung dan rasa tidak nyaman karena perut terlalu kenyang," kata Nele.

Hasil studi ini mendapat tanggapan dari Dr Lovedeep Kaur dari Massey University, New Zealand, tempat penelitian dilakukan. Menurutnya, kiwi membantu proses pencernaan di usus kecil, tempat dimana protein diserap.

"Pencernaan protein makanan bisa lebih cepat dan komplit berkat adanya enzim unik yang hanya terdapat dalam buah kiwi (actinidin)," terang Dr Lovedeep.

Dia menambahkan, "Enzim di buah kiwi itu sendiri, bahkan tanpa kehadiran enzim pencernaan, diketahui mampu mencerna banyak kenis protein di dalam makanan terutama yoghurt, keju, tuna dan telur mentah. Jadi kiwi bisa jadi solusi untuk mereka yang bermasalah dengan pencernaan, terutama ketika makan protein." Disarankan makan kiwi 20 menit sampai 1 jam setelah makan.

Selain membantu menjaga kesehatan pencernaan, masih banyak khasiat kiwi yang lainnya. Buah dengan rasa asam-segar ini mengandung vitamin C dua kali lebih banyak ketimbang jeruk. Jadi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per harinya, Anda cukup mengonsumsi satu buah kiwi setiap hari.

Sumber: http://wolipop.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar