Senin, 25 Agustus 2014

Ingin Hidup Lebih Sehat? Jangan Suka Ganti-ganti Dokter Pribadi

Keberadaan dokter tak dapat dipungkiri memberi pengaruh yang besar terhadap status kesehatan seorang individu, apalagi jika sudah saling kenal dalam waktu cukup lama. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda tetap 'setia' dengan satu orang dokter dan tak berganti-ganti dokter.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Univresity of Bristol, Inggris, menyebutkan bahwa Anda sebaiknya tak meremehkan ikatan antara dokter dengan pasien. Sebab kondisi tersebut cukup signifikan memberikan pengaruh terhadap proses kesembuhan si pasien itu sendiri.

Jika seorang pasien sudah sering berkunjung dan mengenal cara dokternya melakukan pengobatan dan begitu juga sebaliknya, para peneliti mengungkapkan bahwa pasien cenderung akan lebih mudah membuka diri dan berbagi masalah kesehatan mereka sejujur-jujurnya.

"Ini bisa jadi karena pasien merasa lebih nyaman dengan dokternya karena mereka merasa 'terhubung'. Sementara dari sisi dokter, ia akan semakin mudah membuat rencana pengobatan karena sudah mengetahui riwayat medis si pasiennya," ungkap Matthew Ridd, salah seorang peneliti dari Bristol.

Untuk membuktikan teori tersebut, para peneliti mengumpulkan data dari 22 klinik praktik di Bristol dan mencatat rekam konsultasi antara 190 pasien dan 30 dokter umum. Mereka ingin melihat apakah durasi konsultasi dan masalah kesehatan dalam praktiknya dipengaruhi oleh kontinuitas pasien dan dokter.

Analisis menunjukkan bahwa hampir sepertiga dari pasien yang sudah mengenal dokternya cukup lama memiliki jangka waktu konsultasi yang lebih lama. Tak hanya itu, isu masalah kesehatan yang dibicarakan sebelum dokter membuat diagnosis juga lebih bervariasi. Kemungkinan ini berarti lebih sedikit kemungkinan dokter salah membuat diagnosis.

"Responden kebanyakan melaporkan hubungan yang kuat dengan dokter harus dibangun dari waktu ke waktu. Ada bukti bahwa pasien lebih 'terbuka' dalam membicarakan masalahnya dengan dokter saat ia sudah sering berkonsultasi sebelumnya," terang Ridd, seperti dikutip dari Times of India, Senin (17/3/2014).

Sumber: health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar